Jumat, 25 Mei 2012

SILABUS  SMA
KELAS XII SEMESTER 1

Nama Sekolah        : SMA ...
Mata Pelajaran        : Bahasa Indonesia
Kelas            : XII
Semester        :  1
Standar Kompetensi    : Mendengarkan
1.    Memahami informasi dari berbagai laporan
Kompetensi
Dasar
    Materi
Pembelajaran    Kegiatan
Pembelajaran    Indikator    Penilaian    Alokasi
Waktu    Sumber/
Bahan/ Alat
1.1    Membedakan  antara fakta dan opini  dari berbagai laporan  lisan
    Laporan
•    laporan kegiatan OSIS
•    laporan kegiatan ekstrakurikuler
•    laporan perjalanan
    •    Mendengarkan laporan dari suatu kegiatan
•    Mencatat pokok-pokok isi laporan
•    Membedakan kalimat  yang berupa fakta dan  yang berupa opini (pendapat)
•    Menentukan kalimat yang berupa fakta
•    Menentukan kalimat yang berupa opini
    •    Mencatat pokok-pokok isi laporan
•    Membedakan kalimat  yang berupa fakta dan  yang berupa opini (pendapat)
•    Menentukan kalimat yang berupa fakta
•    Menentukan kalimat yang berupa opini

    Jenis Tagihan:
•    tugas kelompok
•    laporan



Bentuk Instrumen:
•    uraian bebas
•    pilihan ganda
•    jawaban singkat    4    •    teks laporan dari media cetak/ elektronik

•    laporan kegiatan ekstrakuri-kuler sekolah setempat
1.2  Mengomentari berbagai laporan lisan dengan memberikan kritik dan saran    Laporan
•    laporan kegiatan OSIS
•    laporan kegiatan ekstrakurikuler
    •    Mendengarkan laporan dari suatu kegiatan
•    Mengemukakan kritik a isi laporan secara logis
•    Memberikan saran untuk perbaikan laporan
    •    Mengemukakan kritik  isi laporan
•    Memberikan saran untuk  perbaikan laporan
    Jenis Tagihan:
•    tugas kelompok

Bentuk Instrumen:
•    uraian bebas
•    pilihan ganda
•    jawaban singkat    4    •    teks laporan dari media cetak/ elektronik

•    laporan kegiatan ekstrakulrikuler sekolah setempat
SILABUS

Nama Sekolah        : SMA ...
Mata Pelajaran        : Bahasa Indonesia
Kelas            : XII
Semester        :  1
Standar Kompetensi    : Berbicara
2.    Mengungkapkan gagasan, tanggapan, dan informasi dalam diskusi

Kompetensi
Dasar
    Materi
Pembelajaran    Kegiatan
Pembelajaran    Indikator    Penilaian    Alokasi
Waktu    Sumber/
Bahan/ Alat
2.1Menyampaikan gagasan dan tanggapan dengan alasan yang logis  dalam diskusi

    Percakapan dalam seminar atau gelar wicara (talk show)
•    ungkapan persetujuan atau penolakan
•    penyambung antarkalimat: tambahan pula, di samping itu, lagi pula, dll.

    •    Melaksanakan diskusi
•    Mencatat siapa yang berbicara dan apa pokok yang dibicarakan
•    Mengajukan pertanyaan atau tanggapan dengan menggunakan alasan yang logis.
•    Mengemukakan persetujuan atau penolakan pendapat dalam diskusi dengan alasan yang logis
•     Mengajukan argumentasi yang dapat mendukung atau menentang pendapat pembicara







    •    Mengajukan pertanyaan atau tanggapan dengan menggunakan alasan yang logis.
•    Mengemukakan persetujuan atau penolakan dengan alasan yang logis
•    Mengajukan pertanyaan dan atau persetujuan dengan menggunakan kata sambung dalam kalimat
•    Mengajukan argumentasi yang dapat mendukung atau menentang pendapat pembicara




    Jenis Tagihan:
•    praktik
•    tugas individu
•    tugas kelompok

Bentuk Instrumen:
•    unjuk kerja
•    format pengamatan    4    •    buku yang terkait dengan diskusi

Kompetensi
Dasar
    Materi
Pembelajaran    Kegiatan
Pembelajaran    Indikator    Penilaian    Alokasi
Waktu    Sumber/
Bahan/ Alat
2.2    Menyampaikan intisari buku nonfiksi dengan menggunakan bahasa yang efektif dalam diskusi
    Buku nonfiksi
•    intisari buku
•    penggunaan kalimat yang efektif dalam diskusi
•    hal-hal yang menarik dalam buku
•    memberikan komentar
    •    Membaca buku nonfiksi *
•    Menulis intisari buku
•    Menyampaikan intisari buku nonfiksi dengan menggunakan bahasa yang efektif
•    Memberikan komentar terhadap isi penyampaian teman
    •    Mencatat hal-hal yang menarik atau yang mengagumkan dalam isi buku nonfiksi
•    Menyampaikan hal-hal yang menarik atau yang mengagumkan tentang tokoh
•    Memberikan komentar terhadap isi penyampaian teman
    Jenis Tagihan:
•    tugas individu

Bentuk Instrumen:
•    performansi
•    format pengamatan    4    •    buku nonfiksi

•    tuturan langsung























SILABUS
Nama Sekolah        : SMA ...
Mata Pelajaran        : Bahasa Indonesia
Kelas            : XII
Semester        :  1
Standar Kompetensi    : Membaca
3.    Memahami artikel dan teks pidato

Kompetensi
Dasar
    Materi
Pembelajaran    Kegiatan
Pembelajaran    Indikator    Penilaian    Alokasi
Waktu    Sumber/
Bahan/ Alat
3.1    Menemukan ide pokok dan permasalahan dalam artikel melalui kegiatan membaca intensif
        Artikel ilmiah dalam media cetak atau elektronik (internet)
•    ide pokok
•    Masalah dalam artikel
•    rangkuman artikel
•    kalimat majemuk
•    pola kalimat    •    Membaca artikel
•    Menemukan ide pokok  tiap paragraf
•    Merangkum isi seluruh artikel
•    Mencari permasalahan dalam artikel
•    Membahas ide pokok dan rangkuman isi artikel yang telah dibuat
•    Mengidentifikasi kalimat majemuk
    •    Menemukan ide pokok  tiap paragraf
•    Menemukan kalimat pendukung ide pokok
•    Menemukan masalah dalam artikel
•    Membahas ide pokok dan rangkuman isi artikel yang telah dibuat
•    Mengidentifikasi kalimat majemuk
    Jenis Tagihan:
•    tugas individu
•    tugas kelompok
•    ulangan


Bentuk Instrumen:
•    uraian bebas    4    •    tuturan langsung artikel ilmiah dari media cetak/ elektronik
•    buku-buku penunjang


3.2 Membaca nyaring teks pidato dengan intonasi yang tepat    Naskah pidato
•    Cara membacakan naskah pidato
•    Cara menanggapi pembacaan teks pidato
    •    Menandai bagian-bagian informasi penting dan bagian informasi pendukung 
•    Membacakan teks pidato dengan pemakaian intonasi  dan ekspresi yang tepat
•    Menanggapi pembacaan teks pidato yang dilakukan teman
    •    Menandai bagian-bagian yang merupakan informasi penting 
•    Menandai bagian-bagian yang merupakan informasi pendukung
•    Membacakan teks pidato dengan  intonasi dan ekspresi yang tepat
•    Menanggapi pembacaan teks pidato     Jenis Tagihan:
•    tugas individu

Bentuk Instrumen:
•    unjuk kerja
•    format pengamatan
•    pilihan ganda
•    uraian bebas    6    •      teks pidato
  dari internet/ media cetak

•    buku-buku 
    penunjang


SILABUS
Nama Sekolah        : SMA ...
Mata Pelajaran        : Bahasa Indonesia
Kelas            : XII
Semester        :  1
Standar Kompetensi    : Menulis
                                   4. Mengungkapkan infomasi dalam bentuk   surat dinas, laporan, resensi 
Kompetensi
Dasar
    Materi
Pembelajaran    Kegiatan
Pembelajaran    Indikator    Penilaian    Alokasi
Waktu    Sumber/
Bahan/ Alat
4.1    Menulis surat lamaran pekerjaan berdasarkan unsur-unsur dan struktur
    Contoh surat lamaran
•    unsur-unsur surat lamaran pekerjaan
•    struktur surat lamaran pekerjaan
•    penggunaan bahasa dalam surat lamaran pekerjaan
•    penggunaan EYD dalam penulisan surat lamaran pekerjan    •    Membaca contoh surat lamaran pekerjaan berdasarkan iklan atau inisiatif sendiri
•    Mengidentifikasi unsur-unsur dalam surat lamaran pekerjaan
•    Menyusun surat lamaran  pekerjaan berdasarkan iklan atau inisiatif sendiri
•    Memperbaiki surat  dari segi struktur, diksi, kejelasan kalimat, penggunaan  EYD












    •    Mengidentifikasi unsur-unsur dalam surat lamaran pekerjaan   
•    Menyusun surat lamaran  pekerjaan
•    Memperbaiki surat  dari segi struktur, diksi, kejelasan kalimat,  dan penggunaanEYD    Jenis Tagihan:
•    tugas individu
•    ulangan
•    praktik

Bentuk Instrumen:
•    uraian bebas
•    pilihan ganda    4    •    buku yang berhubungan dengan surat-menyurat
Kompetensi
Dasar
    Materi
 Pembelajaran    Kegiatan
Pembelajaran    Indikator    Penilaian    Alokasi
Waktu    Sumber/
Bahan/ Alat
4.2    Menulis surat dinas berdasarkan isi, bahasa, dan format yang baku
    Contoh surat dinas
•    unsur-unsur surat dinas
•    struktur surat dinas
•    penggunaan bahasa dalam surat dinas
•    penggunaan EYD dalam penulisan surat lamaran pekerjan
    •    Membaca contoh surat dinas
•    Mengidentifikasi struktur  surat  dinas (undangan rapat)
•    Menentukan komponen-komponen surat  undangan rapat
•    Menulis surat undangan rapat kedinasan
•    Menyunting surat undangan rapat dengan memperhatikan penggunaan EYD, diksi, dan bahasa    •    Mengidentifikasi struktur  surat  dinas
•    Menentukan komponen-komponen surat  undangan rapat
•    Menulis surat undangan
•    Menyunting surat undangan dengan memperhatikan penggunaan EyD, diksi,
    dan bahasa
    Jenis Tagihan:
•    tugas individu
•    tes tertulis

Bentuk Instrumen:
•    uraian bebas
•    pilihan ganda    4    •    buku tentang surat-menyurat
4.3    Menulis laporan diskusi dengan melampirkan notulen dan daftar hadir
    Contoh laporan diskusi
•    unsur-unsur laporan diskusi
    •    Membaca contoh laporan diskusi
•    Mengidentifikasi unsur-unsur yang  terdapat dalam laporan hasil diskusi
•    Menyusun laporan hasil diskusi (kelas atau seminar)
•    Melengkapi laporan dengan lampiran (notulen, dan daftar hadir peserta)
•    Mendiskusikan laporan diskusi





    •    Mengidentifikasi unsur-unsur laporan hasil diskusi
•    Menyusun laporan hasil diskusi (kelas atau seminar)
•    Melengkapi laporan dengan lampiran     Jenis Tagihan:
•    tugas individu
•    tugas kelompok
•    ulangan

Bentuk Instrumen:
•    uraian bebas
•    pilihan ganda    2    •    laporan 
    diskusi
Kompetensi
Dasar
    Materi
Pembelajaran    Kegiatan
 Pembelajaran    Indikator    Penilaian    Alokasi
Waktu    Sumber/
Bahan/ Alat
4.4    Menulis resensi buku pengetahuan berdasarkan format baku    Resensi buku pengetahuan
•    unsur-unsur resensi antara lain:
1.    identitas buku
2.    isi yang penting/menarik
3.    bahasa pengarang
4.    keunggulan
5.    kelemahan
6.    kesimpulan    •    Membaca buku  (yang dimiliki sekolah atau siswa itu sendiri ) yang akan diresensi dan menulis intinya (di rumah)
•    Menulis resensi buku dengan memperhatikan kelengkapan unsur-unsur resensi antara lain:
1.    identitas buku
2.    isi yang penting/menarik
3.    bahasa pengarang
4.    keunggulan
5.    kelemahan
6.    kesimpulan
•    Mendiskusikan kelengkapan unsur-
unsur resensi yang ditulis teman    •    Mencatat identitas buku
•    Mendaftar pokok-pokok isi
•    Mencatat keunggulan dari isi buku
•    Mencatat kekurangan dari isi buku
•    Menulis resensi buku dengan memperhatikan kelengkapan unsur-unsur resensi
•    Mendiskusikan resensi yang telah dibuat    Jenis Tagihan:
•    tugas individu
•    ulangan


Bentuk Instrumen:
•    uraian bebas
•    pilihan ganda
•    jawaban singkat    4    •    buku yang terkait dengan resensi






SILABUS

Nama Sekolah        : SMA ...
Mata Pelajaran        : Bahasa Indonesia
Kelas            : XII
Semester        :  1
Standar Kompetensi    : Mendengarkan
                                    5. Memahami pembacaan novel 

Kompetensi
Dasar
    Materi
Pembelajaran    Kegiata
 Pembelajaran    Indikator    Penilaian    Alokasi
Waktu    Sumber/
Bahan/ Alat
5.1    Menanggapi pembacaan penggalan novel dari segi vokal, intonasi, dan penghayatan  
    Penggalan novel
•    penangapan segi vokal
•     intonasi
•     penghayatan
    •    Mendengarkan pembacaan penggalan novel
•    Menanggapi pembacaan penggalan novel dari segi vokal, intonasi, dan penghayatan     •    Menanggapi pembacaan penggalan novel dari segi vokal, intonasi, dan penghayatan
    Jenis Tagihan:
•    tugas individu
•    tugas kelompok
•    ulangan
•    praktik

Bentuk Instrumen:
•    performansi
•    format pengamatan
    4    •    buku novel

•    media setempat

•    buku-buku penun-jang
5.2    Menjelaskan unsur-unsur intrinsik dari pembacaan penggalan novel       Penggalan novel    •    Menjelaskan unsur-unsur pembangun sastra (tema, latar, penokohan, alur, pesan atau sudut pandang, dan konflik) dalam penggalan novel  yang dibacakan teman
•    Mendiskusikan unsur-unsur intrinsik  penggalan novel     •    Menjelaskan unsur-unsur –unsur intrinsik dalam penggalan novel  yang dibacakan teman    Jenis Tagihan:
•    tugas individu
•    tugas kelompok
•    ulangan
•    praktik

Bentuk Instrumen:
•    uraian bebas
•    pilihan ganda
•    jawaban singkat    4    •    buku novel

•    media setempat

•    buku-buku penun-jang



SILABUS
Nama Sekolah        : SMA ...
Mata Pelajaran        : Bahasa Indonesia
Kelas            : XII
Semester        :  1
Standar Kompetensi    : Berbicara
                                      6. Mengungkapkan pendapat tentang  pembacaan  puisi 

Kompetensi
Dasar
    Materi
Pembelajaran    Kegiatan
Pembelajaran    Indikator    Penilaian    Alokasi
Waktu    Sumber/
Bahan/ Alat
6.1    Menanggapi pembacaan puisi lama tentang lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat
    •    puisi lama (pantun)
•    penanggapan pembacaan puisi dari segi:
•    lafal
•    intonasi
•    ekspresi    •    Mendeklamasikan/ memba-cakan puisi lama (berbalas pantun) di depan teman-teman dengan lafal,   intonasi, dan ekspresi yang sesuai
•     Menanggapi pembacaan puisi lama (berbalas pantun) tentang lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat
•    Memperbaiki cara pembacaan berdasarkan masukkan dari teman atau guru
    •    Mendeklamasikan/ memba-cakan puisi lama (berbalas pantun) di depan teman-teman dengan lafal,   intonasi, dan ekspresi yang sesuai
•     Menanggapi pembacaan puisi lama (berbalas pantun) tentang lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat
•    Menerapkan isi pantun dalam kehidupan sehari-hari    Jenis Tagihan:
•    tugas individu

Bentuk Instrumen:
•    unjuk kerja
•    format pengamatan    4
    •    buku kumpul-an puisi lama
6.2    Mengomentari pembacaan puisi baru tentang lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat    •    Puisi baru
•    Mengomentari pembacaan puisi dari segi
1.    lafal
2.    intonasi
3.    ekspresi    •    Membaca dan manandai jeda pada puisi yang dibacakan
•    Mendeklamasikan/ membacakan puisi baru  di depan teman-teman dengan lafal,   intonasi, dan ekspresi yang sesuai 
•    Memperbaiki cara pembacaan berdasarkan masukan dari teman atau guru
•    Menanggapi pembacaan puisi baru tentang lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat    •    Mendeklamasikan/
membacakan puisi baru  di depan teman-teman dengan lafal,   intonasi, dan ekspresi yang sesuai
•     Menanggapi pembacaan puisi baru tentang lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat
    Jenis Tagihan:
•    tugas individu

Bentuk Instrumen:
•    unjuk kerja
•    format pengamatan    4
    •    buku kumpul-an puisi baru/ media cetak/ elektronik

SILABUS

Nama Sekolah        : SMA ...
Mata Pelajaran        : Bahasa Indonesia
Kelas            : XII
Semester        :  1
Standar Kompetensi    : Membaca
                                    7. Memahami  wacana sastra puisi dan cerpen
Kompetensi
Dasar
    Materi
Pembelajaran    Kegiatan
Pembelajaran    Indikator    Penilaian    Alokasi
Waktu    Sumber/
Bahan/ Alat
7.1    Membacakan puisi karya sendiri dengan lafal, intonasi, penghayatan dan ekspresi yang sesuai
    Puisi karya sendiri :
•    tema bebas (disesuaikan dengan situasi dan kondisi setempat)
•    cara pembacaan puisi (lafal, intonasi, penghayatan, gerak-gerik, ekspresi
•    makna puisi    •    Menulis puisi dengan tema bebas (di rumah)
•    Menandai jeda puisi karya sendiri
•    Membacakan puisi karya sendiri dengan memperhatikan :
•    lafal dan intonasi
•    penghayatan
•    mimik/ gerak dan ekspresi yang sesuai
•    Menentukan makna puisi karya teman
•    Mengomentari puisi karya teman
    •    Menandai jeda puisi karya sendiri
•    Membacakan puisi karya sendiri dengan memperhatikan :
•    lafal dan intonasi
•    penghayatan
•    mimik/ gerak dan ekspresi yang sesuai
•    Menentukan makna puisi karya teman
•    Mengomentari puisi karya teman     Jenis Tagihan
•    tugas individu

Bentuk Instrumen
•    unjuk kerja
•    pilihan ganda    4
    •    puisi karya sendiri
7.2    Menjelaskan unsur-unsur intrinsik cerpen         •    Cerpen
•    Unsur-unsur intrinsik cerpen :
•    tema,
•    latar,
•    alur,
•    penokohan/pesan    •    Membaca cerpen
•    Menceritakan kembali isi cerpen
•    Menjelaskan unsur-unsur pembangun sastra (misal-nya, tema, latar, alur, penokohan, atau pesan)   dengan data yang mendukung
•    Mendiskusikan  unsur-unsur intrinsik cerpen    •    Menceritakan kembali isi cerpen
•    Menjelaskan unsur-unsur intrinsik cerpen    Jenis Tagihan
•    tugas individu
•    tugas kelompok
•    ulangan
Bentuk Instrumen:
•    uraian bebas
•    pilihan ganda
•    jawaban singkat
    4
    •    kumpulan cerpen
•    media cetak/ internet
•    tape/ kaset

SILABUS
Nama Sekolah        : SMA ...
Mata Pelajaran        : Bahasa Indonesia
Kelas            : XII
Semester        :  1
Standar Kompetensi    : Menulis
                                    8. Mengungkapkan pendapat, informasi, dan pengalaman dalam bentuk resensi dan cerpen

Kompetensi
Dasar
    Materi
Pembelajaran    Kegiatan
Pembelajaran    Indikator    Penilaian    Alokasi
Waktu    Sumber/
Bahan/ Alat
8.1    Menulis resensi buku kumpulan cerpen berdasarkan unsur-unsur resensi
    •    buku kumpulan cerpen
•    unsur-unsur resensi
•    identitas buku
•    kepengarangan
•    kekurangan dan   kelebihan isi buku
•    bahasa pengarang, dll
    •    Membaca buku kumpulan cerpen (yang ada di daerah setempat)
•    Menulis resensi buku kumpulan cerpen dengan memperhatikan kelengkapan unsur-unsur resensi:
•    identitas buku
•    kepengarangan
•    kekurangan dan kelebihan isi buku
•    bahasa pengarang, dll
•    mendiskusikan resensi yang telah dibuat
    •    Menulis resensi buku kumpulan cerpen dengan memperhatikan kriteria penulisan resensi
•    Menentukan keunggulan dan kelemahan resensi buku kumpulan cerpen
    Jenis Tagihan:
•    tugas individu
•    tugas kelompok
•     ulangan

Bentuk Instrumen:
•    uraian bebas
•    pilihan ganda
•    jawaban singkat    4
    •    buku kumpulan cerpen
8.2    Menulis cerpen  berdasarkan kehidupan orang lain (pelaku, peristiwa, latar)    •    topik tentang kehidupan orang lain (berdasarkan situasi dan kondisi setempat)
•    unsur-unsur cerpen (penokohan, konflik, latar, sudut pandang, alur dan gaya bahasa)    •    Menentukan topik tentang kehidupan orang lain (berdasarkan situasi dan kondisi daerah setempat)
•    Menulis cerpen tentang kehidupan orang lain dengan memperhatikan
•    unsur-unsur cerpen (penokohan, konflik, latar, sudut pandang, alur dan gaya bahasa)
•    Menanggapi cerpen yang ditulis teman    •    Mencatat/mendaftar topik-topik tentang kehidupan orang lain (berdasarkan situasi dan kondisi setempat)
•    Menulis cerpen tentang kehidupan orang lain dengan memperhatikan unsur-unsur cerpen
•    Menanggapi cerpen yang ditulis teman    Jenis Tagihan:
•    tugas Individu
•    tugas kelompok
•     ulangan


Bentuk Instrumen:
•    uraian bebas
•    pilihan ganda
•    jawaban singkat
    4
    •    buku yang terkait dengan menulis cerpen

•    buku yang terkait dengan menulis cerpen



SILABUS
KELAS XII SEMESTER 2

Nama Sekolah        : SMA ...
Mata Pelajaran        : Bahasa Indonesia
Kelas            : XII
Semester        :  2
Standar Kompetensi    : Mendengarkan
                                            9. Memahami informasi dari berbagai sumber yang disampaikan secara lisan

Kompetensi
Dasar
    Materi
Pembelajaran    Kegiatan
 Pembelajaran    Indikator    Penilaian    Alokasi
Waktu    Sumber/
Bahan/ Alat
9.1    Mengajukan saran perbaikan tentang  informasi yang disampaikan secara langsung   
    Informasi secara langsung
•    pokok-pokok isi informasi
•    cara mengajukan saran
•    ringkasan isi informasi    •    Mendengarkan informasi secara langsung *
•    Mengajukan saran perbaikan kepada pembicara
•    Menulis ringkasan isi informasi
    •    Mencatat pokok-pokok informasi yang disampaikan secara langsung
•    Mengajukan saran perbaikan kepada pembicara
•    Menulis ringkasan isi informasi     Jenis Tagihan:
•    tugas individu
•    kelompok
•    ulangan
Bentuk Instrumen:
•    uraian bebas
•     pilihan ganda
•     jawaban singkat
    4    •    informasi secara langsung
9.2    Mengajukan saran perbaikan tentang informasi yang disampaikan melalui radio/televisi       Rekaman informasi
•    pokok-pokok isi informasi
•    cara mengajukan saran
•    ringkasan isi informasi    •    Mendengarkan informasi melalui radio/ televisi
•    Mengajukan saran perbaikan secara tertulis tentang informasi yang disampaikan
•    Menulis ringkasan isi informasi yang disampaikan  melalui radio/ televisi/ rekaman informasi     •    Mencatat pokok-pokok dari isi informasi yang disampaikan  melalui radio/ televisi/ rekaman
•    Mengajukan saran perbaikan secara tertulis tentang informasi yang disampaikan
•    Menulis ringkasan isi informasi yang disampaikan  melalui radio/ televisi/ rekaman    Jenis Tagihan:
•    tugas individu
•    tugas kelompok
•     ulangan

Bentuk Instrumen:
•    uraian bebas
•    pilihan ganda
•    jawaban singkat
    4    •    rekaman informasi dari radio/ televisi


SILABUS
Nama Sekolah        : SMA / MA....
Mata Pelajaran        : Bahasa Indonesia
Kelas            : XII
Semester        :  2
Standar Kompetensi    : Berbicara
                                            10. Mengungkapkan informasi melalui presentasi program/proposal dan  pidato tanpa teks

Kompetensi
Dasar
    Materi
 Pembelajaran    Kegiatan
Pembelajaran    Indikator    Penilaian    Alokasi
Waktu    Sumber/
Bahan/ Alat
10.1Mempresentasikan program kegiatan/proposal 



    Program kegiatan/ proposal
•    berpresentasi
•    diskusi dengan
     santun berdiskusi
    •    Menyusun program kegiatan/ proposal (di rumah)
•    Mengemukakan program kegiatan/ proposal secara rinci untuk mendapatkan tanggapan
•    Mendiskusikan program kegiatan yang disampaikan
•    Memperbaiki program kegiatan/ proposal berdasarkan berbagai masukan
    •    Mengemukakan program kegiatan/ proposal secara rinci untuk mendapatkan tanggapan
•    Mengemukakan informasi  tambahan yang dapat  mendukung program kegiatan/ proposal
•    Memperbaiki program kegiatan/ proposal berdasarkan berbagai masukan     Jenis Tagihan:
•    tugas kelompok
•     tugas individu

Bentuk instrumen:
•    Unjuk kerja
•    format pengamatan    4    •    buku yang terkait dengan proposal
10.2    Berpidato tanpa teks dengan lafal,  intonasi, nada, dan sikap yang tepat    Ide pidato dengan tema tertentu
•    cara berpidato dengan lafal, intonasi, nada, dan sikap yang tepat
    •    Menulis teks pidato dengan tema tertentu
•    Membawakan pidato dengan lafal, intonasi, nada, dan sikap yang tepat *
•    Mencatat hal-hal yang perlu diperbaiki dari pidato yang disampaikan teman
•    Memperbaiki cara berpidato dan isi pidato berdasarkan catatan atau masukan teman
    •    Menulis teks pidato dengan tema tertentu
•    Membawakan pidato dengan lafal, intonasi, nada, dan sikap yang tepat
•    Mencatat hal-hal yang perlu diperbaiki dari pidato yang disampaikan teman
•    Memperbaiki cara berpidato dan isi pidato berdasarkan catatan atau masukan teman    Jenis Tagihan:
•    tugas individu

Bentuk instrumen:
•    unjuk kerja
•    format pengamatan    4    •    buku yang terkait dengan pidato
SILABUS

Nama Sekolah        : SMA ...
Mata Pelajaran        : Bahasa Indonesia
Kelas            : XII
Semester        :  2
Standar Kompetensi    : Membaca
                                             11. Memahami ragam wacana tulis  melalui kegiatan membaca cepat dan membaca  intensif
Kompetensi
Dasar
    Materi
Pembelajaran    Kegiatan
Pembelajaran    Indikator    Penilaian    Alokasi
Waktu    Sumber/
Bahan/ Alat
11.1    Menemukan ide pokok suatu teks dengan  membaca cepat 300-350 kata per menit    Teks 900 – 1050 kata)
•    teknik membaca cepat
•    rumus membaca cepat    •    Membaca teks
•    Menemukan ide pokok
•    Menjawab secara benar 75% dari seluruh pertanyaan yang tersedia 
    •    Menemukan ide pokok
•    Menjawab secara benar 75% dari seluruh pertanyaan yang tersedia

    Jenis Tagihan:
•    tugas individu
•    tugas kelompok
•    ulangan

Bentuk instrumen:
•    uraian bebas
•    pilihan ganda
•    jawaban singkat
    2    •    artikel/ berita dari media cetak/ elektronik
11.2    Menentukan kalimat kesimpulan (ide pokok)  dari berbagai pola paragraf induksi, deduksi dengan membaca intensif      Teks yang berpola induktif dan deduktif
•    ciri-ciri paragraf induktif dan deduktif
•    kalimat simpulan    •    Menentukan kalimat simpulan isi teks berdasarkan hal-hal (generalisasi, analogi, sebab-akibat) yang disajikan dalam tulisan/ artikel

    •    Menemukan paragraf yang berpola induktif
•    Mengidentifikasi ciri-ciri teks yang berpola induktif
•    Menemukan paragraf yang berpola deduktif
•    Mengidentifikasi ciri-ciri paragraf yang berpola deduktif
•    Mendaftar butir-butir yang merupakan gagasan pendukung    Jenis Tagihan:
•    tugas individu
•    tugas kelompok
•    ulangan

Bentuk instrumen:
•    uraian bebas
•    pilihan ganda
•    jawaban singkat    4    •    teks dari media cetak/ elektronik



SILABUS

Nama Sekolah        : SMA ...
Mata Pelajaran        : Bahasa Indonesia
Kelas            : XII
Semester        :  2
Standar Kompetensi    : Menulis
                                             12. Mengungkapkan pikiran, pendapat, dan informasi dalam penulisan karangan berpola
Kompetensi
 Dasar
    Materi
Pembelajaran    Kegiatan
Pembelajaran    Indikator    Penilaian    Alokasi
Waktu    Sumber/
Bahan/ Alat
12.1    Menulis karangan berdasarkan topik tertentu dengan pola pengembangan deduktif dan induktif 
    Menulis karangan berpola deduktif dan  induktif dengan memperhatikan:
•    ciri-ciri
•    kalimat kesimpulan
•    letak kalimat kesimpulan
•    penggunaan bahasa    •    Menulis karangan yang berpola deduktif dan induktif berdasarkan kerangka (di luar kelas)
•    Menyunting karangan berpola deduktif dan induktif     •    Menulis karangan yang berpola deduktif dan induktif berdasarkan kerangka
•    Menyunting karangan berpola deduktif induktif    Jenis Tagihan:
tugas individu
tugas kelompok
 ulangan

Bentuk instrumen:
uraian bebas
pilihan ganda
jawaban singkat    4    •    teks dari media cetak/ elektronik
12.2    Menulis esai berdasarkan topik tertentu dengan pola pengembangan pembuka, isi, dan penutup    esai    •    Membaca contoh esai
•    Mengidentifikasi ciri-ciri esai
•    Menulis  esai dengan memperhatikan pola pengembangan pembuka, isi, dan penutup
•    Memperbaiki essai (dengan mempertimbang kan diksi, kejelasan kalimat, ejaan dan tanda baca    •    Menentukan topik untuk menulis esai
•    Menyusun kerangka esai dengan memperhatikan pola pengembangan pembuka, isi, dan penutup
•    Menyusun paragraf pembukaan
•    Menuliskan isi ke dalam beberapa paragraf
•    Menyusun paragraf penutup
•    Memperbaiki tulisan (dengan mempertimbangkan diksi, kejelasan kalimat, ejaan dan tanda baca)    Jenis Tagihan:
•    tugas individu
•    tugas kelompok
•    ulangan

Bentuk instrumen:
•    uraian bebas    6    •    contoh esai dari media cetak/ elektronik
•    buku  Eyd

SILABUS

Nama Sekolah        : SMA ...
Mata Pelajaran        : Bahasa Indonesia
Kelas            : XII
Semester        :  2
Standar Kompetensi    : Mendengarkan
                                             13. Memahami pembacaan teks drama

Kompetensi Dasar
    Materi Pembelajaran    Kegiatan Pembelajaran    Indikator    Penilaian    Alokasi
Waktu    Sumber/
Bahan/Alat
13.1    Menemukan unsur-unsur intrinsik teks drama yang dididengar melalui pembacaan    
      Teks drama
•    unsur-unsur intrinsik (tema, penokohan, latar, alur, amanat)
    •    Mendengarkan pembacaan teks drama
•    Menemukan unsur-unsur intrinsik teks drama yang didengar melalui pembacaan
•    Mendiskusikan unsur intrinsik  teks drama yang didengar
•    Melaporkan hail diskusi    •    Menemukan unsur-unsur intrinsik teks drama yang didengar melalui pembacaan
•    Mendiskusikan unsur intrinsik  teks drama yang didengar
    Jenis Tagihan:
•    tugas kelompok
•    tugas individu
•    ulangan

Bentuk Instrumen:
•    uraian bebas
•     pilihan ganda
•     jawaban singkat
    4    •    buku kumpulan drama
13.2    Menyimpulkan isi drama melalui  pembacaan teks drama      Teks drama
•    simpulan isi drama    •    Menyimpulkan isi teks drama sesuai dengan situasi dan konteks
•    Mendiskusikan simpulan isi teks drama
    •    Menyimpulkan isi teks drama sesuai dengan situasi dan konteks
•    Menyampaikan simpulan isi teks drama
•    Membahas simpulan isi teks drama yang telah disampaikan
    Jenis Tagihan:
•    tugas kelompok
•    tugas kelompok
•    ulangan

Bentuk Instrumen:
•    uraian bebas
•     pilihan ganda
•     jawaan singkat    6    •    buku kumpulan drama




SILABUS

Nama Sekolah        : SMA ...
Mata Pelajaran        : Bahasa Indonesia
Kelas            : XII
Semester        :  2
Standar Kompetensi    : Berbicara
                                     14. Mengungkapan tanggapan terhadap pembacaan puisi lama

Kompetensi
 Dasar
    Materi
Pembelajaran    Kegiatan
 Pembelajaran    Indikator    Penilaian    Alokasi
Waktu    Sumber/
Bahan/ Alat
14.1    Membahas ciri-ciri dan nilai-nilai yang terkandung dalam gurindam 
    Teks gurindam
•    ciri-ciri gurindam
•    nilai-nilai (budaya, agama, estetika, moral)    •    Mengidentifikasi ciri-ciri  gurindam
•    Membacakan gurindam
•    Mendiskusikan ciri-ciri dan nilai-nilai dalam gurindam yang didengar
•    Membicarakan pesan-pesan yang terdapat dalam gurindam yang didengar
    •    Mengidentifikasi ciri-ciri  gurindam
•    Membacakan gurindam
•    Mendiskusikan ciri-ciri dan nilai-nilai yang terkandung dalam gurindam
•    Membicarakan pesan-pesan yang terdapat dalam gurindam
    Jenis Tagihan:
•    tugas kelompok
•     tugas individu

Bentuk Instrumen:
•    Unjuk kerja
•    format pengamatan    4    •    buku yang terkait dengan puisi lama
14.2    Menjelaskan keterkaitan gurindam dengan kehidupan sehari-hari    Teks gurindam
•    pengaitan isi gurindam dengan kehidupan sehari-hari    •    Mengaitkan isi gurindam dengan kehidupan masa kini
•    Menyimpulkan pesan-pesan yang terdapat dalam gurindam     •    Mengaitkan isi gurindam dengan kehidupan masa kini
•    Menyimpulkan pesan-pesan yang terdapat dalam gurindam
    Jenis Tagihan:
•    tugas kelompok
•    tugas individu



Bentuk Instrumen:
•    unjuk kerja    2    •    buku yang terkait dengan puisi lama
•    buku yang terkait dengan puisi lama

SILABUS
Nama Sekolah        : SMA / MA....
Mata Pelajaran        : Bahasa Indonesia
Kelas            : XII
Semester        :  2
Standar Kompetensi    : Membaca
                                     15. Memahami buku kumpulan puisi kontemporer dan  karya sastra yang dianggap penting pada tiap periode
Kompetensi
Dasar
    Materi
Pembelajaran    Kegiatan
 Pembelajaran    Indikator    Penilaian    Alokasi
Waktu    Sumber/
Bahan/ Alat
15.1Mengidentifikasi   tema dan ciri-ciri puisi kontemporer melalui kegiatan membaca buku kumpulan puisi komtemporer    Kumpulan puisi kontemporer
•    ciri-ciri puisi kontemporer
•    tema puisi kontemporer
•    bentuk puisi kontemporer
•    diksi     •    Membaca kumpulan puisi kontemporer (Misalnya : Malu Aku Jadi Orang Indonesia karya Taufik Ismail)
•    Mengidentifikasi tema dan ciri-ciri puisi kontemporer
•    Menjelaskan maksud isi puisi kontemporer
•    Mendiskusikan tema dan ciri-ciri puisi
    •    Mengidentifikasi tema puisi kontemporer
•    Mengidentifikasi ciri-ciri puisi kontemporer
•    Menjelaskan maksud isi puisi kontemporer

    Jenis Tagihan:
•    tugas individu
•    tugas kelompok
•    ulangan

Bentuk Instrumen:
•    uraian bebas
•    pilihan ganda
•    jawaban singkat    4    •    buku yang terkait dengan puisi kontem-porer
15.2    Menemukan perbedaan karakteristik  angkatan melalui membaca karya sastra yang dianggap penting pada setiap periode  
    Karya sastra berdasarkan periodisasi
•    karakteristik karya sastra setiap angkatan/ periode
•    perbedaan karakteristik karya sastra setiap angkatan/ periode
    •    Membaca karya sastra dari tiap periode                
•    Mengidentifikasi karakteristik karya sastra pada tiap periode
•    Menemukan perbedaan karakteristik  tiap periode
•    Mendiskusikan karya-karya pada periode tersebut (misalnya, peristiwa sejarah, gaya penulisan, dll)      •    Menentukan hasil-hasil karya sastra penting pada tiap periode
•    Mengidentifikasi karakteristik karya sastra pada tiap periode
•    Menemukan perbedaan karakteristik  tiap periode
•    Mendiskusikan karya-karya yang dianggap penting pada periode tersebut (misalnya, peristiwa sejarah, gaya penulisan, dll)        Jenis Tagihan:
•    tugas Individu
•    tugas kelompok
•    ulangan

Bentuk Instrumen:
•    uraian bebas
•    pilihan ganda
•     jawaban singkat    4    •    buku yang terkait dengan materi
•    karya sastra setiap periode


SILABUS

Nama Sekolah        : SMA ...
Mata Pelajaran        : Bahasa Indonesia
Kelas            : XII
Semester        :  2
Standar Kompetensi    : Menulis
                                              16. M.engungkapkan pendapat dalam bentuk  kritik dan esai

Kompetensi
Dasar
    Materi
Pembelajaran    Kegiatan Pembelajaran    Indikator    Penilaian    Alokasi
Waktu    Sumber/
Bahan/ Alat
16.1    Memahami prinsip-prinsip penulisan kritik dan esai
    Kritik dan esai
•    ciri-ciri kritik dan esai
•    prinsip penulisan kritik dan esai
    •    Membaca kritik dan esai
•    Mengidentifikasi ciri-ciri kritik dan esai sastra
•    Menjelaskan prinsip-prinsip penulisan kritik dan esai sastra
    •    Mengidentifikasi ciri-ciri kritik dan esai sastra
•    Menjelaskan prinsip-prinsip penulisan kritik dan esai sastra
    Jenis Tagihan:
•    tugas Individu
•     tugas kelompok
•    ulangan

Bentuk Instrumen:
•    uraian bebas
•    pilihan ganda
•     jawaban singkat
    2    •    buku yang terkait dengan kritik sastra

•    buku yang terkait dengan kritik dan esai
16.2    Menerapkan prinsip-prinsip  penulisan kritik dan esai  untuk mengomentari  karya sastra      Pengembangan gagasan atau  pendapat untuk menulis kritik dan esai
•    cara menulis kritik dan esai
    •    Menulis kritik dan esai sastra dengan menerapkan prinsip-prinsip penulisan kritik dan esai
•    Menyunting tulisan kritik dan esai sastra
    •    Menulis kritik dan esai sastra dengan menerapkan prinsip-prinsip kritik dan esai
•    Menyunting tulisan kritik dan esai sastra
    Jenis Tagihan:
•    tugas individu
•    tugas kelompok
•    ulangan

Bentuk Instrumen:
•    uraian bebas
•    pilihan ganda
•    jawaban singkat    6    •    buku yang terkait dengan kritik dan esai
•    buku EyD

Tidak ada komentar:

Posting Komentar