SILABUS SMA
KELAS XII SEMESTER 1
Nama Sekolah : SMA ...
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : XII
Semester : 1
Standar Kompetensi : Mendengarkan
1. Memahami informasi dari berbagai laporan
Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran Kegiatan
Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi
Waktu Sumber/
Bahan/ Alat
1.1 Membedakan antara fakta dan opini dari berbagai laporan lisan
Laporan
• laporan kegiatan OSIS
• laporan kegiatan ekstrakurikuler
• laporan perjalanan
• Mendengarkan laporan dari suatu kegiatan
• Mencatat pokok-pokok isi laporan
• Membedakan kalimat yang berupa fakta dan yang berupa opini (pendapat)
• Menentukan kalimat yang berupa fakta
• Menentukan kalimat yang berupa opini
• Mencatat pokok-pokok isi laporan
• Membedakan kalimat yang berupa fakta dan yang berupa opini (pendapat)
• Menentukan kalimat yang berupa fakta
• Menentukan kalimat yang berupa opini
Jenis Tagihan:
• tugas kelompok
• laporan
Bentuk Instrumen:
• uraian bebas
• pilihan ganda
• jawaban singkat 4 • teks laporan dari media cetak/ elektronik
• laporan kegiatan ekstrakuri-kuler sekolah setempat
1.2 Mengomentari berbagai laporan lisan dengan memberikan kritik dan saran Laporan
• laporan kegiatan OSIS
• laporan kegiatan ekstrakurikuler
• Mendengarkan laporan dari suatu kegiatan
• Mengemukakan kritik a isi laporan secara logis
• Memberikan saran untuk perbaikan laporan
• Mengemukakan kritik isi laporan
• Memberikan saran untuk perbaikan laporan
Jenis Tagihan:
• tugas kelompok
Bentuk Instrumen:
• uraian bebas
• pilihan ganda
• jawaban singkat 4 • teks laporan dari media cetak/ elektronik
• laporan kegiatan ekstrakulrikuler sekolah setempat
SILABUS
Nama Sekolah : SMA ...
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : XII
Semester : 1
Standar Kompetensi : Berbicara
2. Mengungkapkan gagasan, tanggapan, dan informasi dalam diskusi
Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran Kegiatan
Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi
Waktu Sumber/
Bahan/ Alat
2.1Menyampaikan gagasan dan tanggapan dengan alasan yang logis dalam diskusi
Percakapan dalam seminar atau gelar wicara (talk show)
• ungkapan persetujuan atau penolakan
• penyambung antarkalimat: tambahan pula, di samping itu, lagi pula, dll.
• Melaksanakan diskusi
• Mencatat siapa yang berbicara dan apa pokok yang dibicarakan
• Mengajukan pertanyaan atau tanggapan dengan menggunakan alasan yang logis.
• Mengemukakan persetujuan atau penolakan pendapat dalam diskusi dengan alasan yang logis
• Mengajukan argumentasi yang dapat mendukung atau menentang pendapat pembicara
• Mengajukan pertanyaan atau tanggapan dengan menggunakan alasan yang logis.
• Mengemukakan persetujuan atau penolakan dengan alasan yang logis
• Mengajukan pertanyaan dan atau persetujuan dengan menggunakan kata sambung dalam kalimat
• Mengajukan argumentasi yang dapat mendukung atau menentang pendapat pembicara
Jenis Tagihan:
• praktik
• tugas individu
• tugas kelompok
Bentuk Instrumen:
• unjuk kerja
• format pengamatan 4 • buku yang terkait dengan diskusi
Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran Kegiatan
Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi
Waktu Sumber/
Bahan/ Alat
2.2 Menyampaikan intisari buku nonfiksi dengan menggunakan bahasa yang efektif dalam diskusi
Buku nonfiksi
• intisari buku
• penggunaan kalimat yang efektif dalam diskusi
• hal-hal yang menarik dalam buku
• memberikan komentar
• Membaca buku nonfiksi *
• Menulis intisari buku
• Menyampaikan intisari buku nonfiksi dengan menggunakan bahasa yang efektif
• Memberikan komentar terhadap isi penyampaian teman
• Mencatat hal-hal yang menarik atau yang mengagumkan dalam isi buku nonfiksi
• Menyampaikan hal-hal yang menarik atau yang mengagumkan tentang tokoh
• Memberikan komentar terhadap isi penyampaian teman
Jenis Tagihan:
• tugas individu
Bentuk Instrumen:
• performansi
• format pengamatan 4 • buku nonfiksi
• tuturan langsung
SILABUS
Nama Sekolah : SMA ...
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : XII
Semester : 1
Standar Kompetensi : Membaca
3. Memahami artikel dan teks pidato
Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran Kegiatan
Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi
Waktu Sumber/
Bahan/ Alat
3.1 Menemukan ide pokok dan permasalahan dalam artikel melalui kegiatan membaca intensif
Artikel ilmiah dalam media cetak atau elektronik (internet)
• ide pokok
• Masalah dalam artikel
• rangkuman artikel
• kalimat majemuk
• pola kalimat • Membaca artikel
• Menemukan ide pokok tiap paragraf
• Merangkum isi seluruh artikel
• Mencari permasalahan dalam artikel
• Membahas ide pokok dan rangkuman isi artikel yang telah dibuat
• Mengidentifikasi kalimat majemuk
• Menemukan ide pokok tiap paragraf
• Menemukan kalimat pendukung ide pokok
• Menemukan masalah dalam artikel
• Membahas ide pokok dan rangkuman isi artikel yang telah dibuat
• Mengidentifikasi kalimat majemuk
Jenis Tagihan:
• tugas individu
• tugas kelompok
• ulangan
Bentuk Instrumen:
• uraian bebas 4 • tuturan langsung artikel ilmiah dari media cetak/ elektronik
• buku-buku penunjang
3.2 Membaca nyaring teks pidato dengan intonasi yang tepat Naskah pidato
• Cara membacakan naskah pidato
• Cara menanggapi pembacaan teks pidato
• Menandai bagian-bagian informasi penting dan bagian informasi pendukung
• Membacakan teks pidato dengan pemakaian intonasi dan ekspresi yang tepat
• Menanggapi pembacaan teks pidato yang dilakukan teman
• Menandai bagian-bagian yang merupakan informasi penting
• Menandai bagian-bagian yang merupakan informasi pendukung
• Membacakan teks pidato dengan intonasi dan ekspresi yang tepat
• Menanggapi pembacaan teks pidato Jenis Tagihan:
• tugas individu
Bentuk Instrumen:
• unjuk kerja
• format pengamatan
• pilihan ganda
• uraian bebas 6 • teks pidato
dari internet/ media cetak
• buku-buku
penunjang
SILABUS
Nama Sekolah : SMA ...
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : XII
Semester : 1
Standar Kompetensi : Menulis
4. Mengungkapkan infomasi dalam bentuk surat dinas, laporan, resensi
Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran Kegiatan
Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi
Waktu Sumber/
Bahan/ Alat
4.1 Menulis surat lamaran pekerjaan berdasarkan unsur-unsur dan struktur
Contoh surat lamaran
• unsur-unsur surat lamaran pekerjaan
• struktur surat lamaran pekerjaan
• penggunaan bahasa dalam surat lamaran pekerjaan
• penggunaan EYD dalam penulisan surat lamaran pekerjan • Membaca contoh surat lamaran pekerjaan berdasarkan iklan atau inisiatif sendiri
• Mengidentifikasi unsur-unsur dalam surat lamaran pekerjaan
• Menyusun surat lamaran pekerjaan berdasarkan iklan atau inisiatif sendiri
• Memperbaiki surat dari segi struktur, diksi, kejelasan kalimat, penggunaan EYD
• Mengidentifikasi unsur-unsur dalam surat lamaran pekerjaan
• Menyusun surat lamaran pekerjaan
• Memperbaiki surat dari segi struktur, diksi, kejelasan kalimat, dan penggunaanEYD Jenis Tagihan:
• tugas individu
• ulangan
• praktik
Bentuk Instrumen:
• uraian bebas
• pilihan ganda 4 • buku yang berhubungan dengan surat-menyurat
Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran Kegiatan
Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi
Waktu Sumber/
Bahan/ Alat
4.2 Menulis surat dinas berdasarkan isi, bahasa, dan format yang baku
Contoh surat dinas
• unsur-unsur surat dinas
• struktur surat dinas
• penggunaan bahasa dalam surat dinas
• penggunaan EYD dalam penulisan surat lamaran pekerjan
• Membaca contoh surat dinas
• Mengidentifikasi struktur surat dinas (undangan rapat)
• Menentukan komponen-komponen surat undangan rapat
• Menulis surat undangan rapat kedinasan
• Menyunting surat undangan rapat dengan memperhatikan penggunaan EYD, diksi, dan bahasa • Mengidentifikasi struktur surat dinas
• Menentukan komponen-komponen surat undangan rapat
• Menulis surat undangan
• Menyunting surat undangan dengan memperhatikan penggunaan EyD, diksi,
dan bahasa
Jenis Tagihan:
• tugas individu
• tes tertulis
Bentuk Instrumen:
• uraian bebas
• pilihan ganda 4 • buku tentang surat-menyurat
4.3 Menulis laporan diskusi dengan melampirkan notulen dan daftar hadir
Contoh laporan diskusi
• unsur-unsur laporan diskusi
• Membaca contoh laporan diskusi
• Mengidentifikasi unsur-unsur yang terdapat dalam laporan hasil diskusi
• Menyusun laporan hasil diskusi (kelas atau seminar)
• Melengkapi laporan dengan lampiran (notulen, dan daftar hadir peserta)
• Mendiskusikan laporan diskusi
• Mengidentifikasi unsur-unsur laporan hasil diskusi
• Menyusun laporan hasil diskusi (kelas atau seminar)
• Melengkapi laporan dengan lampiran Jenis Tagihan:
• tugas individu
• tugas kelompok
• ulangan
Bentuk Instrumen:
• uraian bebas
• pilihan ganda 2 • laporan
diskusi
Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran Kegiatan
Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi
Waktu Sumber/
Bahan/ Alat
4.4 Menulis resensi buku pengetahuan berdasarkan format baku Resensi buku pengetahuan
• unsur-unsur resensi antara lain:
1. identitas buku
2. isi yang penting/menarik
3. bahasa pengarang
4. keunggulan
5. kelemahan
6. kesimpulan • Membaca buku (yang dimiliki sekolah atau siswa itu sendiri ) yang akan diresensi dan menulis intinya (di rumah)
• Menulis resensi buku dengan memperhatikan kelengkapan unsur-unsur resensi antara lain:
1. identitas buku
2. isi yang penting/menarik
3. bahasa pengarang
4. keunggulan
5. kelemahan
6. kesimpulan
• Mendiskusikan kelengkapan unsur-
unsur resensi yang ditulis teman • Mencatat identitas buku
• Mendaftar pokok-pokok isi
• Mencatat keunggulan dari isi buku
• Mencatat kekurangan dari isi buku
• Menulis resensi buku dengan memperhatikan kelengkapan unsur-unsur resensi
• Mendiskusikan resensi yang telah dibuat Jenis Tagihan:
• tugas individu
• ulangan
Bentuk Instrumen:
• uraian bebas
• pilihan ganda
• jawaban singkat 4 • buku yang terkait dengan resensi
SILABUS
Nama Sekolah : SMA ...
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : XII
Semester : 1
Standar Kompetensi : Mendengarkan
5. Memahami pembacaan novel
Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran Kegiata
Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi
Waktu Sumber/
Bahan/ Alat
5.1 Menanggapi pembacaan penggalan novel dari segi vokal, intonasi, dan penghayatan
Penggalan novel
• penangapan segi vokal
• intonasi
• penghayatan
• Mendengarkan pembacaan penggalan novel
• Menanggapi pembacaan penggalan novel dari segi vokal, intonasi, dan penghayatan • Menanggapi pembacaan penggalan novel dari segi vokal, intonasi, dan penghayatan
Jenis Tagihan:
• tugas individu
• tugas kelompok
• ulangan
• praktik
Bentuk Instrumen:
• performansi
• format pengamatan
4 • buku novel
• media setempat
• buku-buku penun-jang
5.2 Menjelaskan unsur-unsur intrinsik dari pembacaan penggalan novel Penggalan novel • Menjelaskan unsur-unsur pembangun sastra (tema, latar, penokohan, alur, pesan atau sudut pandang, dan konflik) dalam penggalan novel yang dibacakan teman
• Mendiskusikan unsur-unsur intrinsik penggalan novel • Menjelaskan unsur-unsur –unsur intrinsik dalam penggalan novel yang dibacakan teman Jenis Tagihan:
• tugas individu
• tugas kelompok
• ulangan
• praktik
Bentuk Instrumen:
• uraian bebas
• pilihan ganda
• jawaban singkat 4 • buku novel
• media setempat
• buku-buku penun-jang
SILABUS
Nama Sekolah : SMA ...
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : XII
Semester : 1
Standar Kompetensi : Berbicara
6. Mengungkapkan pendapat tentang pembacaan puisi
Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran Kegiatan
Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi
Waktu Sumber/
Bahan/ Alat
6.1 Menanggapi pembacaan puisi lama tentang lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat
• puisi lama (pantun)
• penanggapan pembacaan puisi dari segi:
• lafal
• intonasi
• ekspresi • Mendeklamasikan/ memba-cakan puisi lama (berbalas pantun) di depan teman-teman dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang sesuai
• Menanggapi pembacaan puisi lama (berbalas pantun) tentang lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat
• Memperbaiki cara pembacaan berdasarkan masukkan dari teman atau guru
• Mendeklamasikan/ memba-cakan puisi lama (berbalas pantun) di depan teman-teman dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang sesuai
• Menanggapi pembacaan puisi lama (berbalas pantun) tentang lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat
• Menerapkan isi pantun dalam kehidupan sehari-hari Jenis Tagihan:
• tugas individu
Bentuk Instrumen:
• unjuk kerja
• format pengamatan 4
• buku kumpul-an puisi lama
6.2 Mengomentari pembacaan puisi baru tentang lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat • Puisi baru
• Mengomentari pembacaan puisi dari segi
1. lafal
2. intonasi
3. ekspresi • Membaca dan manandai jeda pada puisi yang dibacakan
• Mendeklamasikan/ membacakan puisi baru di depan teman-teman dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang sesuai
• Memperbaiki cara pembacaan berdasarkan masukan dari teman atau guru
• Menanggapi pembacaan puisi baru tentang lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat • Mendeklamasikan/
membacakan puisi baru di depan teman-teman dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang sesuai
• Menanggapi pembacaan puisi baru tentang lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat
Jenis Tagihan:
• tugas individu
Bentuk Instrumen:
• unjuk kerja
• format pengamatan 4
• buku kumpul-an puisi baru/ media cetak/ elektronik
SILABUS
Nama Sekolah : SMA ...
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : XII
Semester : 1
Standar Kompetensi : Membaca
7. Memahami wacana sastra puisi dan cerpen
Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran Kegiatan
Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi
Waktu Sumber/
Bahan/ Alat
7.1 Membacakan puisi karya sendiri dengan lafal, intonasi, penghayatan dan ekspresi yang sesuai
Puisi karya sendiri :
• tema bebas (disesuaikan dengan situasi dan kondisi setempat)
• cara pembacaan puisi (lafal, intonasi, penghayatan, gerak-gerik, ekspresi
• makna puisi • Menulis puisi dengan tema bebas (di rumah)
• Menandai jeda puisi karya sendiri
• Membacakan puisi karya sendiri dengan memperhatikan :
• lafal dan intonasi
• penghayatan
• mimik/ gerak dan ekspresi yang sesuai
• Menentukan makna puisi karya teman
• Mengomentari puisi karya teman
• Menandai jeda puisi karya sendiri
• Membacakan puisi karya sendiri dengan memperhatikan :
• lafal dan intonasi
• penghayatan
• mimik/ gerak dan ekspresi yang sesuai
• Menentukan makna puisi karya teman
• Mengomentari puisi karya teman Jenis Tagihan
• tugas individu
Bentuk Instrumen
• unjuk kerja
• pilihan ganda 4
• puisi karya sendiri
7.2 Menjelaskan unsur-unsur intrinsik cerpen • Cerpen
• Unsur-unsur intrinsik cerpen :
• tema,
• latar,
• alur,
• penokohan/pesan • Membaca cerpen
• Menceritakan kembali isi cerpen
• Menjelaskan unsur-unsur pembangun sastra (misal-nya, tema, latar, alur, penokohan, atau pesan) dengan data yang mendukung
• Mendiskusikan unsur-unsur intrinsik cerpen • Menceritakan kembali isi cerpen
• Menjelaskan unsur-unsur intrinsik cerpen Jenis Tagihan
• tugas individu
• tugas kelompok
• ulangan
Bentuk Instrumen:
• uraian bebas
• pilihan ganda
• jawaban singkat
4
• kumpulan cerpen
• media cetak/ internet
• tape/ kaset
SILABUS
Nama Sekolah : SMA ...
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : XII
Semester : 1
Standar Kompetensi : Menulis
8. Mengungkapkan pendapat, informasi, dan pengalaman dalam bentuk resensi dan cerpen
Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran Kegiatan
Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi
Waktu Sumber/
Bahan/ Alat
8.1 Menulis resensi buku kumpulan cerpen berdasarkan unsur-unsur resensi
• buku kumpulan cerpen
• unsur-unsur resensi
• identitas buku
• kepengarangan
• kekurangan dan kelebihan isi buku
• bahasa pengarang, dll
• Membaca buku kumpulan cerpen (yang ada di daerah setempat)
• Menulis resensi buku kumpulan cerpen dengan memperhatikan kelengkapan unsur-unsur resensi:
• identitas buku
• kepengarangan
• kekurangan dan kelebihan isi buku
• bahasa pengarang, dll
• mendiskusikan resensi yang telah dibuat
• Menulis resensi buku kumpulan cerpen dengan memperhatikan kriteria penulisan resensi
• Menentukan keunggulan dan kelemahan resensi buku kumpulan cerpen
Jenis Tagihan:
• tugas individu
• tugas kelompok
• ulangan
Bentuk Instrumen:
• uraian bebas
• pilihan ganda
• jawaban singkat 4
• buku kumpulan cerpen
8.2 Menulis cerpen berdasarkan kehidupan orang lain (pelaku, peristiwa, latar) • topik tentang kehidupan orang lain (berdasarkan situasi dan kondisi setempat)
• unsur-unsur cerpen (penokohan, konflik, latar, sudut pandang, alur dan gaya bahasa) • Menentukan topik tentang kehidupan orang lain (berdasarkan situasi dan kondisi daerah setempat)
• Menulis cerpen tentang kehidupan orang lain dengan memperhatikan
• unsur-unsur cerpen (penokohan, konflik, latar, sudut pandang, alur dan gaya bahasa)
• Menanggapi cerpen yang ditulis teman • Mencatat/mendaftar topik-topik tentang kehidupan orang lain (berdasarkan situasi dan kondisi setempat)
• Menulis cerpen tentang kehidupan orang lain dengan memperhatikan unsur-unsur cerpen
• Menanggapi cerpen yang ditulis teman Jenis Tagihan:
• tugas Individu
• tugas kelompok
• ulangan
Bentuk Instrumen:
• uraian bebas
• pilihan ganda
• jawaban singkat
4
• buku yang terkait dengan menulis cerpen
• buku yang terkait dengan menulis cerpen
SILABUS
KELAS XII SEMESTER 2
Nama Sekolah : SMA ...
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : XII
Semester : 2
Standar Kompetensi : Mendengarkan
9. Memahami informasi dari berbagai sumber yang disampaikan secara lisan
Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran Kegiatan
Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi
Waktu Sumber/
Bahan/ Alat
9.1 Mengajukan saran perbaikan tentang informasi yang disampaikan secara langsung
Informasi secara langsung
• pokok-pokok isi informasi
• cara mengajukan saran
• ringkasan isi informasi • Mendengarkan informasi secara langsung *
• Mengajukan saran perbaikan kepada pembicara
• Menulis ringkasan isi informasi
• Mencatat pokok-pokok informasi yang disampaikan secara langsung
• Mengajukan saran perbaikan kepada pembicara
• Menulis ringkasan isi informasi Jenis Tagihan:
• tugas individu
• kelompok
• ulangan
Bentuk Instrumen:
• uraian bebas
• pilihan ganda
• jawaban singkat
4 • informasi secara langsung
9.2 Mengajukan saran perbaikan tentang informasi yang disampaikan melalui radio/televisi Rekaman informasi
• pokok-pokok isi informasi
• cara mengajukan saran
• ringkasan isi informasi • Mendengarkan informasi melalui radio/ televisi
• Mengajukan saran perbaikan secara tertulis tentang informasi yang disampaikan
• Menulis ringkasan isi informasi yang disampaikan melalui radio/ televisi/ rekaman informasi • Mencatat pokok-pokok dari isi informasi yang disampaikan melalui radio/ televisi/ rekaman
• Mengajukan saran perbaikan secara tertulis tentang informasi yang disampaikan
• Menulis ringkasan isi informasi yang disampaikan melalui radio/ televisi/ rekaman Jenis Tagihan:
• tugas individu
• tugas kelompok
• ulangan
Bentuk Instrumen:
• uraian bebas
• pilihan ganda
• jawaban singkat
4 • rekaman informasi dari radio/ televisi
SILABUS
Nama Sekolah : SMA / MA....
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : XII
Semester : 2
Standar Kompetensi : Berbicara
10. Mengungkapkan informasi melalui presentasi program/proposal dan pidato tanpa teks
Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran Kegiatan
Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi
Waktu Sumber/
Bahan/ Alat
10.1Mempresentasikan program kegiatan/proposal
Program kegiatan/ proposal
• berpresentasi
• diskusi dengan
santun berdiskusi
• Menyusun program kegiatan/ proposal (di rumah)
• Mengemukakan program kegiatan/ proposal secara rinci untuk mendapatkan tanggapan
• Mendiskusikan program kegiatan yang disampaikan
• Memperbaiki program kegiatan/ proposal berdasarkan berbagai masukan
• Mengemukakan program kegiatan/ proposal secara rinci untuk mendapatkan tanggapan
• Mengemukakan informasi tambahan yang dapat mendukung program kegiatan/ proposal
• Memperbaiki program kegiatan/ proposal berdasarkan berbagai masukan Jenis Tagihan:
• tugas kelompok
• tugas individu
Bentuk instrumen:
• Unjuk kerja
• format pengamatan 4 • buku yang terkait dengan proposal
10.2 Berpidato tanpa teks dengan lafal, intonasi, nada, dan sikap yang tepat Ide pidato dengan tema tertentu
• cara berpidato dengan lafal, intonasi, nada, dan sikap yang tepat
• Menulis teks pidato dengan tema tertentu
• Membawakan pidato dengan lafal, intonasi, nada, dan sikap yang tepat *
• Mencatat hal-hal yang perlu diperbaiki dari pidato yang disampaikan teman
• Memperbaiki cara berpidato dan isi pidato berdasarkan catatan atau masukan teman
• Menulis teks pidato dengan tema tertentu
• Membawakan pidato dengan lafal, intonasi, nada, dan sikap yang tepat
• Mencatat hal-hal yang perlu diperbaiki dari pidato yang disampaikan teman
• Memperbaiki cara berpidato dan isi pidato berdasarkan catatan atau masukan teman Jenis Tagihan:
• tugas individu
Bentuk instrumen:
• unjuk kerja
• format pengamatan 4 • buku yang terkait dengan pidato
SILABUS
Nama Sekolah : SMA ...
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : XII
Semester : 2
Standar Kompetensi : Membaca
11. Memahami ragam wacana tulis melalui kegiatan membaca cepat dan membaca intensif
Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran Kegiatan
Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi
Waktu Sumber/
Bahan/ Alat
11.1 Menemukan ide pokok suatu teks dengan membaca cepat 300-350 kata per menit Teks 900 – 1050 kata)
• teknik membaca cepat
• rumus membaca cepat • Membaca teks
• Menemukan ide pokok
• Menjawab secara benar 75% dari seluruh pertanyaan yang tersedia
• Menemukan ide pokok
• Menjawab secara benar 75% dari seluruh pertanyaan yang tersedia
Jenis Tagihan:
• tugas individu
• tugas kelompok
• ulangan
Bentuk instrumen:
• uraian bebas
• pilihan ganda
• jawaban singkat
2 • artikel/ berita dari media cetak/ elektronik
11.2 Menentukan kalimat kesimpulan (ide pokok) dari berbagai pola paragraf induksi, deduksi dengan membaca intensif Teks yang berpola induktif dan deduktif
• ciri-ciri paragraf induktif dan deduktif
• kalimat simpulan • Menentukan kalimat simpulan isi teks berdasarkan hal-hal (generalisasi, analogi, sebab-akibat) yang disajikan dalam tulisan/ artikel
• Menemukan paragraf yang berpola induktif
• Mengidentifikasi ciri-ciri teks yang berpola induktif
• Menemukan paragraf yang berpola deduktif
• Mengidentifikasi ciri-ciri paragraf yang berpola deduktif
• Mendaftar butir-butir yang merupakan gagasan pendukung Jenis Tagihan:
• tugas individu
• tugas kelompok
• ulangan
Bentuk instrumen:
• uraian bebas
• pilihan ganda
• jawaban singkat 4 • teks dari media cetak/ elektronik
SILABUS
Nama Sekolah : SMA ...
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : XII
Semester : 2
Standar Kompetensi : Menulis
12. Mengungkapkan pikiran, pendapat, dan informasi dalam penulisan karangan berpola
Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran Kegiatan
Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi
Waktu Sumber/
Bahan/ Alat
12.1 Menulis karangan berdasarkan topik tertentu dengan pola pengembangan deduktif dan induktif
Menulis karangan berpola deduktif dan induktif dengan memperhatikan:
• ciri-ciri
• kalimat kesimpulan
• letak kalimat kesimpulan
• penggunaan bahasa • Menulis karangan yang berpola deduktif dan induktif berdasarkan kerangka (di luar kelas)
• Menyunting karangan berpola deduktif dan induktif • Menulis karangan yang berpola deduktif dan induktif berdasarkan kerangka
• Menyunting karangan berpola deduktif induktif Jenis Tagihan:
tugas individu
tugas kelompok
ulangan
Bentuk instrumen:
uraian bebas
pilihan ganda
jawaban singkat 4 • teks dari media cetak/ elektronik
12.2 Menulis esai berdasarkan topik tertentu dengan pola pengembangan pembuka, isi, dan penutup esai • Membaca contoh esai
• Mengidentifikasi ciri-ciri esai
• Menulis esai dengan memperhatikan pola pengembangan pembuka, isi, dan penutup
• Memperbaiki essai (dengan mempertimbang kan diksi, kejelasan kalimat, ejaan dan tanda baca • Menentukan topik untuk menulis esai
• Menyusun kerangka esai dengan memperhatikan pola pengembangan pembuka, isi, dan penutup
• Menyusun paragraf pembukaan
• Menuliskan isi ke dalam beberapa paragraf
• Menyusun paragraf penutup
• Memperbaiki tulisan (dengan mempertimbangkan diksi, kejelasan kalimat, ejaan dan tanda baca) Jenis Tagihan:
• tugas individu
• tugas kelompok
• ulangan
Bentuk instrumen:
• uraian bebas 6 • contoh esai dari media cetak/ elektronik
• buku Eyd
SILABUS
Nama Sekolah : SMA ...
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : XII
Semester : 2
Standar Kompetensi : Mendengarkan
13. Memahami pembacaan teks drama
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi
Waktu Sumber/
Bahan/Alat
13.1 Menemukan unsur-unsur intrinsik teks drama yang dididengar melalui pembacaan
Teks drama
• unsur-unsur intrinsik (tema, penokohan, latar, alur, amanat)
• Mendengarkan pembacaan teks drama
• Menemukan unsur-unsur intrinsik teks drama yang didengar melalui pembacaan
• Mendiskusikan unsur intrinsik teks drama yang didengar
• Melaporkan hail diskusi • Menemukan unsur-unsur intrinsik teks drama yang didengar melalui pembacaan
• Mendiskusikan unsur intrinsik teks drama yang didengar
Jenis Tagihan:
• tugas kelompok
• tugas individu
• ulangan
Bentuk Instrumen:
• uraian bebas
• pilihan ganda
• jawaban singkat
4 • buku kumpulan drama
13.2 Menyimpulkan isi drama melalui pembacaan teks drama Teks drama
• simpulan isi drama • Menyimpulkan isi teks drama sesuai dengan situasi dan konteks
• Mendiskusikan simpulan isi teks drama
• Menyimpulkan isi teks drama sesuai dengan situasi dan konteks
• Menyampaikan simpulan isi teks drama
• Membahas simpulan isi teks drama yang telah disampaikan
Jenis Tagihan:
• tugas kelompok
• tugas kelompok
• ulangan
Bentuk Instrumen:
• uraian bebas
• pilihan ganda
• jawaan singkat 6 • buku kumpulan drama
SILABUS
Nama Sekolah : SMA ...
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : XII
Semester : 2
Standar Kompetensi : Berbicara
14. Mengungkapan tanggapan terhadap pembacaan puisi lama
Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran Kegiatan
Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi
Waktu Sumber/
Bahan/ Alat
14.1 Membahas ciri-ciri dan nilai-nilai yang terkandung dalam gurindam
Teks gurindam
• ciri-ciri gurindam
• nilai-nilai (budaya, agama, estetika, moral) • Mengidentifikasi ciri-ciri gurindam
• Membacakan gurindam
• Mendiskusikan ciri-ciri dan nilai-nilai dalam gurindam yang didengar
• Membicarakan pesan-pesan yang terdapat dalam gurindam yang didengar
• Mengidentifikasi ciri-ciri gurindam
• Membacakan gurindam
• Mendiskusikan ciri-ciri dan nilai-nilai yang terkandung dalam gurindam
• Membicarakan pesan-pesan yang terdapat dalam gurindam
Jenis Tagihan:
• tugas kelompok
• tugas individu
Bentuk Instrumen:
• Unjuk kerja
• format pengamatan 4 • buku yang terkait dengan puisi lama
14.2 Menjelaskan keterkaitan gurindam dengan kehidupan sehari-hari Teks gurindam
• pengaitan isi gurindam dengan kehidupan sehari-hari • Mengaitkan isi gurindam dengan kehidupan masa kini
• Menyimpulkan pesan-pesan yang terdapat dalam gurindam • Mengaitkan isi gurindam dengan kehidupan masa kini
• Menyimpulkan pesan-pesan yang terdapat dalam gurindam
Jenis Tagihan:
• tugas kelompok
• tugas individu
Bentuk Instrumen:
• unjuk kerja 2 • buku yang terkait dengan puisi lama
• buku yang terkait dengan puisi lama
SILABUS
Nama Sekolah : SMA / MA....
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : XII
Semester : 2
Standar Kompetensi : Membaca
15. Memahami buku kumpulan puisi kontemporer dan karya sastra yang dianggap penting pada tiap periode
Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran Kegiatan
Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi
Waktu Sumber/
Bahan/ Alat
15.1Mengidentifikasi tema dan ciri-ciri puisi kontemporer melalui kegiatan membaca buku kumpulan puisi komtemporer Kumpulan puisi kontemporer
• ciri-ciri puisi kontemporer
• tema puisi kontemporer
• bentuk puisi kontemporer
• diksi • Membaca kumpulan puisi kontemporer (Misalnya : Malu Aku Jadi Orang Indonesia karya Taufik Ismail)
• Mengidentifikasi tema dan ciri-ciri puisi kontemporer
• Menjelaskan maksud isi puisi kontemporer
• Mendiskusikan tema dan ciri-ciri puisi
• Mengidentifikasi tema puisi kontemporer
• Mengidentifikasi ciri-ciri puisi kontemporer
• Menjelaskan maksud isi puisi kontemporer
Jenis Tagihan:
• tugas individu
• tugas kelompok
• ulangan
Bentuk Instrumen:
• uraian bebas
• pilihan ganda
• jawaban singkat 4 • buku yang terkait dengan puisi kontem-porer
15.2 Menemukan perbedaan karakteristik angkatan melalui membaca karya sastra yang dianggap penting pada setiap periode
Karya sastra berdasarkan periodisasi
• karakteristik karya sastra setiap angkatan/ periode
• perbedaan karakteristik karya sastra setiap angkatan/ periode
• Membaca karya sastra dari tiap periode
• Mengidentifikasi karakteristik karya sastra pada tiap periode
• Menemukan perbedaan karakteristik tiap periode
• Mendiskusikan karya-karya pada periode tersebut (misalnya, peristiwa sejarah, gaya penulisan, dll) • Menentukan hasil-hasil karya sastra penting pada tiap periode
• Mengidentifikasi karakteristik karya sastra pada tiap periode
• Menemukan perbedaan karakteristik tiap periode
• Mendiskusikan karya-karya yang dianggap penting pada periode tersebut (misalnya, peristiwa sejarah, gaya penulisan, dll) Jenis Tagihan:
• tugas Individu
• tugas kelompok
• ulangan
Bentuk Instrumen:
• uraian bebas
• pilihan ganda
• jawaban singkat 4 • buku yang terkait dengan materi
• karya sastra setiap periode
SILABUS
Nama Sekolah : SMA ...
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : XII
Semester : 2
Standar Kompetensi : Menulis
16. M.engungkapkan pendapat dalam bentuk kritik dan esai
Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi
Waktu Sumber/
Bahan/ Alat
16.1 Memahami prinsip-prinsip penulisan kritik dan esai
Kritik dan esai
• ciri-ciri kritik dan esai
• prinsip penulisan kritik dan esai
• Membaca kritik dan esai
• Mengidentifikasi ciri-ciri kritik dan esai sastra
• Menjelaskan prinsip-prinsip penulisan kritik dan esai sastra
• Mengidentifikasi ciri-ciri kritik dan esai sastra
• Menjelaskan prinsip-prinsip penulisan kritik dan esai sastra
Jenis Tagihan:
• tugas Individu
• tugas kelompok
• ulangan
Bentuk Instrumen:
• uraian bebas
• pilihan ganda
• jawaban singkat
2 • buku yang terkait dengan kritik sastra
• buku yang terkait dengan kritik dan esai
16.2 Menerapkan prinsip-prinsip penulisan kritik dan esai untuk mengomentari karya sastra Pengembangan gagasan atau pendapat untuk menulis kritik dan esai
• cara menulis kritik dan esai
• Menulis kritik dan esai sastra dengan menerapkan prinsip-prinsip penulisan kritik dan esai
• Menyunting tulisan kritik dan esai sastra
• Menulis kritik dan esai sastra dengan menerapkan prinsip-prinsip kritik dan esai
• Menyunting tulisan kritik dan esai sastra
Jenis Tagihan:
• tugas individu
• tugas kelompok
• ulangan
Bentuk Instrumen:
• uraian bebas
• pilihan ganda
• jawaban singkat 6 • buku yang terkait dengan kritik dan esai
• buku EyD
Tidak ada komentar:
Posting Komentar