Jumat, 25 Mei 2012

Pengaruh Media Massa bagi Pribadi

Pengaruh Media Massa bagi Pribadi
1.    Psikologi
Media massa meberikan manfaat secara psikologis khsusnya media massa elektronik karena dengan adanya media elktronik dalam hal ini TV dan radio yang menyiarkan acara-acara hiburan cukup mengusir suasana penat dan pusing sehingga bisa kembali menjalani hari-hari dengan lebih santai dan tenang. Namun, dengan adanya media massa elektronik tidak serta merta hanya memberikan dampak positif saja tetapi dampak negatif juga. Media massa elekronik yang menyiarkan film-film menarik. Terutama film-film perang dan smekdown sehingga setelah menontonnya saya cenderung terobsesi untuk meniru gaya-gaya bela dirinya sang bintang film. Itu tercermin ketika main perang-perangan dengan teman-teman sering terjadi perkelahian benaran akibat mengikuti gaya berkelahi dalam film, tetapi itu saat masih duduk di bangku SD dan SMP.
Tidak hanya itu, dengan adanya sinetron-sinetron yang beradegakan berciuman sehingga saya cenderung berpikir untuk melakukan hal yang sama. Padahal, itu seharusnya belum pantas dipikirkan oleh seorang anak karena bisa berujung pada hal yang tidak diinginkan. Hingga sampai saat ini pikiran itu belum bisa dilumpuhkan karena maraknya film dan sinetron yang merangsang otak untuk memikirkannya.
2.    Agama
Dari segi agama media massa cukup memberikan kontribusi positif  bagi saya baik itu media massa cetak maupun media massa elektronik. Media massa elektronik telah diporsikan untuk siaran-siaran yang berkaitan dengan agama, baik itu dalam bentuk film mapun ceramah-ceramah sehingga bisa menambah ilmu tentang agama dan kemudian bisa diimpelementasikan dalam tindakan riil. Demikian juga media massa cetak banyak tulisan-tulisan yang mengambil topik tentang agama dan saya sering membaca tentang itu sehingga bisa menambah pemahaman tentang agama dan pemahaman itu berkapasitas sebagai kontrol untuk membedakan hal yang baik dan buruk atau yang harus dan tidak perlu dilakukan.
Disamping dampak positif yang disumbangkan oleh media massa juga memberikan dampak negatif. Media massa elektronik misalnya, banyak siaran-siaran yang sangat menarik sehingga waktu penunaian shalat jadi tak teratur dan lebih parahnya lagi sering meninggalkan shalat akibat keasikan nonton. Demikian juga media massa cetak masih memuat tulisan-tulisan yang berhubungan dengan seks khususnya majalah dan novel. Akibat tulisan-tulisan itu  bisa juga mengulur waktu shalat akibat keasikan membaca buku tersebut. Kemudian dengan membaca buku-buku tentang itu bisa membuyarkan pikiran untuk tetap terus berada di jalan yang telah digariskan oleh Tuhan dan Rasul-Nya.
3.    Moral
Dari segi moral media massa juga mempengaruhi ke arah yang baik dan buruk. Karena media massa cetak dan elektronik masih memuat tentang kisah percintaan dan seks sehingga dengan sendirinya dapat merusak moral saya.  Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa kedua media massa itu memberikan dampak posotif yang sangat besar. Dengan adanya media massa membuat moral saya menjadi lebih baik karena dengan menikmati sajian kedua media tersebut khusunya yang sifatnya mendidik maka akhlak dan sikap menjadi lebih terkontrol. Contohnya, siaran-siaran tentang agama dan pendidikan, tulisan-tulisan tentang pendidikan.
4.    Orang Tua
Media massa elektronik memberikan peran yang sangat besar karena dengan adanya media elektronik khususnya Hp bisa menjalin hubungan komunikasi dengan baik meskipun dipisahkan oleh jarak yang cukup jauh. Yang paling berharga buat saya peran media massa terhadap hubungan orang tua adalah nasihat-nasit mereka masih bisa didengar secara langsung dan itu bisa menyulut kembali semangat yang membara dalam dada sehingga motivasi untuk meraih cita-cita tetap terjaga.
5.    Ekonomi
Meskipun dari segi ekonomi media massa belum banyak memberikan kontribusi dari segi finansial, setidaknya bisa memperlancar penyaluran biaya hidup dan kuliah dari orang tua. Dengan adanya media massa elekronik sehingga kalau ingin minta kirim uang sama orang tua tidak begitu repot.
6.    Masyarakat
Saya pikir dari segi hubungan saya dengan masyarakat dengan adanya media belum meberikan sumbangsi apa-apa karena saya bukanlah orang pergerakan yang dibutuhkan masyarakat ketika masyarakat sedang mangalami kendala atau masalah dengan pemerintah.
7.    Pendidikan
Dalam bidang pendidikan, media massa sangat berperan penting bagi saya karena media massa sangat membantu dalam proses pendidikan. Baik media massa cetak maupun media massa elektronik banyak memuat hal-hal yang bisa menambah ilmu pengetahuan. Media massa cetak memuat banyak artikel-artikel tentang pendidikan, ekonomi, politik, sehingga dapat memperluas wawasan. Demikian pula media massa elektronik khususnya internet sangat membantu dalam menyelesaikan tugas yang diberikan oleh dosen. Begitu pula media massa elektronik lainnya, dengan sajian-sajian tentang diskusi pendidikan ataupun yang lainnya sehinngga dapat memperluas wawasan.
Disamping manfaat yang diberikan oleh media juga menghambat proses pendidikan bagi saya khususnya media massa elektornik. Tayangan TV yang menarik atau pertandingan bola bisa menghambat proses perkuliahan saya karena pertandingan bola kebanyakan tayang tengah malam sehingga paginya terlambat bangun untuk mengikuti proses perkuiliahan. Kemudian jejaring sosial dalam hal ini FB  membuat saya ketagihan untuk berada di depan layar computer lebih lama sehingga menghambat belajar saya.
8.    Persahabatan
Media yang berperan dalam persahabatan adalah media massa elektronik yaitu Hp dan internet. Dengan adanya media massa elaktronik khususnya Hp dapat mempererat persahabatan. Jarak tidak lagi menjadi penghambat untuk menyapa teman-teman meskipun dengan jarak yang sangat jauh. Dengan begitu persahabatan tetap terjaga. Apalagi dengan munculnya internet yang mempunyai layanan FB dapat memperbanyak teman.
9.    Persaudaraan
Media banyak mempengaruhi banyak kehidupan tidak terkecuali persaudaraan. Media yang sangat berpengaruh dalam persaudaraan adalah media massa elektronik khususnya Hp. Dengan adanya Hp saudara-saudara yang jauh bisa saling berkomunikasi sehingga dapat memperkecil kekahawtiaran antara satu sama lain.





















TUGAS

MEDIA JURNALISTIK
(Pengaruh Media Jurnalistik terhadap Pribadi)




OLEH:
HARSIDIN
A2D1 09 018

JURUSAN PENDIDIAKN BAHASA DAN SENI
PROGRAM STUDI BAHASA, SASTRA INDONESIA DAN DAERAH
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVESITAS HALUOLEO
KENDARI
2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar