(RPP)
SEKOLAH :
MATA PELAJARAN : Bahasa Indonesia
KELAS : X
SEMESTER : 1
A. STANDAR KOMPETENSI :
Mendengarkan : 1. Memahami siaran atau cerita yang disampaikan secara langsung /tidak langsung
B. KOMPETENSI DASAR :
1.2 Mengidentifikasi unsur sastra (intrinsik dan ekstrinsik) suatu cerita yang disampaikan secara langsung atau melalui rekam¬an
C. MATERI PEMBELAJARAN :
Rekaman cerita, tuturan langsung (kaset, CD, buku cerita)
• unsur intrinsik (tema, alur, konflik, penokohan, sudut pandang, dan amanat)
• unsur ekstrinsik (agama, politik, sejarah, budaya)
D. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI :
No | Indikator Pencapaian Kompetensi | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa | Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif |
1 |
Menyampaikan unsur-unsur ekstrinsik
(nilai moral,kebudayaan, agama, dll.).
| • Bersahabat/komunikatif
• Tanggung jawab | • Kepemimpinan |
2 | Menanggapi
(setuju atau tidak setuju) unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik yang
disampaikan teman. | ||
3 | Menyampaikan unsur-unsur intrinsik ( tema, penokohan, konflik, amanat, dll.). | ||
4 | Menanggapi
(setuju atau tidak setuju) unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik yang
disampaikan teman. |
E. TUJUAN PEMBELAJARAN* :
Siswa dapat:
• Menyampaikan unsur-unsur intrinsik ( tema, penokohan, konflik, amanat, dll.) yang terkandung di dalam cerita yang disajikan disertai contoh kutipannya.
• Menyampaikan unsur-unsur ekstrinsik (nilai moral,kebudayaan, agama, dll.) yang terkandung di dalam cerita yang disajikan disertai contoh kutipannya.
• Menanggapi (setuju atau tidak setuju) unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik yang disampaikan teman dengan menggunakan bahasa yang santun dan efektif.
F. METODE PEMBELAJARAN :
- Penugasan
- Diskusi
- Tanya Jawab
- Unjuk kerja
- Ceramah
- Demonstrasi
G. Strategi Pembelajaran
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri | |
• Menyampaikan
unsur-unsur ekstrinsik (nilai moral,kebudayaan, agama, dll.)
| • Mencari siaran atau cerita yang disampaikan secara langsung /tidak langsung • Menanggapi (setuju atau tidak setuju) unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik yang disampaikan teman. | •Siswa
dapatMenyampaikan unsur-unsur intrinsik ( tema, penokohan, konflik,
amanat, dll.) yang terkandung di dalam cerita yang disajikan disertai
contoh kutipannya. • Siswa Menyimpulkan tentangsiaran atau cerita yang disampaikan secara langsung /tidak langsung. |
H. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :
No | Kegiatan Belajar | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa |
1 |
Kegiatan Awal;
- Guru
menjelaskan Tujuan Pembelajaran hari
| Bersahabat/komunikatif |
2 |
Kegiatan
Inti :
- Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
- Mendengarkan
cerita daerah tertentu (Misalnya: Si Kabayan, Roro Jonggrang, Malin
Kundang)*
- Mengidentifikasi
unsur intrinsik dan ekstrinsik
- Menyampaikan
unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik.
- Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
- ceritakan
yang disampaikan secara langsung atau melalui rekam¬an
- Diskusi
dan tanya jawab
- Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
- Menyimpulkan
tentang hal-hal yang belum diketahui
-Menjelaskan
tentang hal-hal yang belum diketahui.
| Tanggung Jawab |
3 | Kegiatan Akhir :
- Refleksi - Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini. Bersahabat/ komunikatif | Bersahabat/komunikatif |
I. ALOKASI WAKTU :
4 x 40 menit
J. SUMBER BELAJAR/ALAT/BAHAN :
Buku cerita/kaset
LKS : Tim. Bahasa Indonesia SMA X. Sukoharjo: Pustaka Firdaus. Buku pendamping: Syamsuddin A.R. Kompetensi Berbahasa dan Sastra Indonesia Kelas X. Surakarta: Tiga Serangkai Pustaka Mandiri. 2006.
K. PENILAIAN :
Jenis Tagihan:
* Tugas individu
* Ulangan
Bentuk Instrumen:
* Uraian bebas
* Pilihan ganda
* Jawaban singkat
Mengetahui, 2011
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
NIP. NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar